Header Ads

test

Menjawab Tantangan di Era Digital, IGI Sampang Gelar Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Android



Kegiatan Workshop in yang pertama

Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang tampak ramai di hari Minggu(16/02 2020). Sebanyak 119 guru dari berbagai jenjang sekolah di Kabupaten Sampang menjadi peserta Workshop Pembuatan Video Pembelajaran Berbasis Android. Kegiatan berpola in-on service learning ini diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Sampang. Kegiatan in-service learning dilaksanakan pada tanggal 15-16 Februari 2020 dan dilanjutkan kegiatan on the job learning pada tanggal 17-20 Februari 2020.

Aries Eka Prasetya membimbing peserta dalam pada kegiatan in yang kedua

Ketua IGI Kabupaten Sampang, Fadlun Duifa mengatakan bahwa guru harus mampu menjawab tantangan di era digital ini. Kegiatan ini diharapkan mampu membekali guru dalam meningkatkan kompetensinya terutama di bidang inovasi dan kreativitas pembelajaran. “Alhamdulillah kegiatan ini mendapat support yang luar biasa dari Bapak Bupati Sampang, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sampang, dan juga Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sampang”tutur Fadlun.
Para peserta saat praktik materi Green Screen 



Materi workshop disampaikan secara menarik oleh Aries Eka Prasetya, Pelatih Nasional IGI yang sarat prestasi. Aries mengatakan bahwa para guru perlu memanfaatkan kesukaan dan kecenderungan siswa dalam kehidupan sehari-hari yang sangat  dekat dengan HP android. “Banyak fitur dan aplikasi yang ada di HP android. Para guru harus mampu menggunakannya sebagai sarana untuk meningkatkan minat belajar siswa sehingga bisa berimbas pada prestasi belajar mereka”jelas Aries.  


Semua peserta workshop terlihat antusias dan aktif melaksanakan praktik pembuatan video dengan bimbingan narasumber. Dengan memanfaatkan aplikasi Kine Master, para peserta berkreasi dan melakukan editing video pembelajaran yang menarik.  Salah satu peserta dari SMP Negeri 3 Sampang, Ahmad Fauzan Ali mengatakan bahwa workshop ini sangat menarik dan bermanfaat bagi guru. “Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini. Pada kesempatan lain semoga muncul ide-ide lain dari IGI dan saya tunggu gebrakannya terutama materi-materi dahsyat Pak Aris Prasetya,”ungkapnya.[wafi]


Para pengurus IGI Kabupaten Sampang saat foto bersama dengan narasumber

No comments