IGI Jatim Gelar "Webinar Kiat Mudah Membuat Pelaporan Tugas Tambahan di PMM"


IGIJatim - 
Sabtu (27/4/2024) Ikatan guru Indonesia (IGI) Propinsi Jawa Timur mengadakan webinar tentang “Kiat Mudah Membuat Pelaporan Tugas Tambahan di PMM” yang diprakarsai oleh Bidang Diklat ibu Endang Mulyani Putro, M.Pd. Acara ini mengundang antusiasme yang bagus sekali dari para pendidik Nusantara, terbukti diikuti oleh kurang lebih 347 orang peserta dengan 100 orang diantaranya mengikuti di room zoom dan lebih dari 200 orang mengikuti webinarnya di chanel youtube IGI Jatim.

Membuka acara webinar dimulai dengan sambutan Ketua IGI Jatim bapak Sukari, S.Pd,. M.Pd yang menyampaikan IGI selalu berikhtiar membantu guru guru untuk meningkatkan kapasitas sesuai dengan kebutuhan kekinian.

IGI Jatim ingin terus bergerak berdampak berkontribusi terhadap pendidikan. Apa yang menjadi kebutuhan guru guru akan secara optimal difasilitasi oleh IGI dengan narasumber narasumber hebat agar bisa menjalankan pendidikan dengan baik demi kemajuan peserta didik.

Berharap partisipasi aktif dari peserta untuk menanyakan materi materi yang disampaikan oleh narasumber jika memang ada yang perlu di konfirmasi.

Mengucapkan selamat kepada kedua narasumber dahsyat semoga ilmu yang dibagikan bisa bermanfaat bagi guru guru dan bisa secara kontinyu berkesinambungan. Selamat belajar selamat sharing and growing together, dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh Ifan Habibi , S.Kom dan dipandu oleh moderator Aini Rizqoh dengan terlebih dahulu memperkenalkan para narasumber yang kompeten dan ahli di bidangnya yaitu Raden Roro Martiningsih, M.Pd yang menyampaikan tentang pelaksanaan penilaian kinerja dengan belajar membuat observasi yang dilakukan oleh Kepala Sekolah. Kepala Sekolah harus membuat catatan tentang “Sadar tantangan dan penyebab diluar dan didalam kendali diri serta dampaknya. Narasumber pertama juga membagikan kiat-kiat bagaimana memaksimalkan penggunaan chat GPT untuk membuat kalimat dalam pelaporan dengan menggunakan parafrase agar menjadi lebih mudah dan kaya dalam berbahasa.

Narasumber yang ke dua Alfiah, M.Pd menyampaikan tentang cara membuat dokumen tindak lanjut dan pelaporan tugas tambahan guru dan pengembangan kompetensi di PMM. Tahap pengerjaan pengelolaan kinerja dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Pengembangan kompetensi diwujudkan dengan membuat rencana hasil kinerja (RHK), sebelum diobservasi oleh kepala sekolah guru harus memastikan melakukan tindak lanjut dan refleksi guru sampai mencapai 100%.

Materi dari kedua narasumber dipaparkan selama 80 menit yang kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang di ajukan kepada kedua narasumber, di akhir sesi narasumber memberikan closing statement yang sangat menarik yaitu “Semua akan berpihak kepada murid, guru jangan hanya bertindak sebagai model tetapi bagaimana menjadikan siswa menjadi acuan untuk keberhasilan pembelajaran”.

IGI Jatim tidak hentinya menebar semangat, manfaat, bergerak berdampak sesuai dengan semboyannya Sharing and Growing Together.

(Tim reportase IGI_Jatim: Nindy Puspita)

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post