IGI Jatim Siap Hadir dan Sukseskan Rakernas 2024 di Mataran Lombok

Pembukaan Rakernas IGI 2024 di Same Hotel Mataram Lombok NTB

IGI-Jatim,- Dalam rangka sukseskan rangkaian kegiatan Rakernas 2024 di Mataram Lombok pada tanggal 10-12 Mei 2024, Pengurus Wilayah IGI Provinsi Jawa Timur mengirimkan 2 (dua) peserta delegasi Rakernas yang hadir langsung secara Luring. Sukari, S.Pd., M.Pd selaku ketua Wilayah Jawa Timur di dampingi sekretaris Wilayah Bapak Fahim Aftoni, S.Sos., M.Pd.I, Selain pengurus Wilayah, IGIers yang hadir pada Rakernas luring adalah Bapak Dr. Marjuki, M.Pd selaku Ketua Dewan Pembina IGI Pusat dan Hibatun Wafiroh, M.Pd Selaku Sekjen PP IGI dari Kab. Lamongan.

Karena salah satu agenda pada Rakernas 2024 adalah Palantikan PAW Pengurus Pusat IGI, Perwakilan Wilayah Jawa Timur ada 2 (dua) Pengurus Daerah dari Kabupaten Pamekasan dan 1 (satu) dari Kota Surabaya.  Mereka yang dilantik dan siap hadir secara luring adalah Ibu Mabruratul Hasanah. M.Pd. menjabat sebagai Wakil Sekjen III IGI, Ibu Lydia Zenia, S.Pd., M.Pd. menjabat sebagai Anggota Pusdiklat IGI, dan Shinta Prima Rosdiana, S.Pd menjabat sebagai Anggota Pusat Riset IGI.

Rombongan IGIers Jawa Timur Berangkat hari Jumat Tanggal 10 Mei 2024 dari Bandara Juanda Surabaya dan tiba di Bandara lombok Jam 11.40 WITA. Rombongan disambut oleh Panitia pelaksana sie transportasi dan Sekretaris IGI Wilayah Nusa Tenggara Barat Bapak Bapak Halil Subagiono, Bapak Anang, Sekretaris Pusat Kerjasama dan Hubungan Internasional serta Waketum II Bapak Dr Jasmansyah, M.Pd, yang ternyata juga putra Daerah dari Lombok Timur.

Rombongan IGIers Jatim tiba di Lombok NTB.
Mengingat acara Pembukaan di Same Hotel di laksanakan pada hari Sabtu tanggal 11 Mei 2024, maka IGIers dari jatim bersama rombongan memanfaatkan waktu untuk menikmati Wisata yang ada di sekitar Bandara Lombok, mulai dari Desa Sade, Sirkuit Mandalika dan Pantai Aan Beach.
Rombongan IGIers Jatim berada Sirkuit Mandalika NTB.
Rombongan IGIers Jatim berada Sirkuit Mandalika NTB.
Rombongan IGIers Jatim tiba di Sade Lombok NTB.
Rombongan IGIers Jatim tiba di pantai Aan Lombok NTB.

Ramah Tamah PP IGI bersama Pengurus Wilayah



Pembukaan Rakernas IGI 2024

Acara ini di awali dengan sambutan dari Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia, Danang Hidayatullah, disusul kemudian sambutan oleh Dewan Pembina Ikatan Guru Indonesia dan Dirjen GTK Kemendikbudristek Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd dalam sambutannya menggaris bawahi pentingnya peran guru dalam membentuk generasi masa depan. Beliau juga menyoroti tantangan-tantangan yang dihadapi dan memotivasi para guru untuk terus berinovasi. Sambutan diakhiri oleh kepala Dinas Provinsi Nusa Tenggara Barat Bapak Dr. H. Aidy Furqan, S.Pd., M.Pd sekaligus membuka acara Rakernas IGI di Lombok. Beliau menyampaikan keinginannya berdiskusi dengan IGIers dari berbagai provinsi yang hadir pada acara tersebut disesi selanjutnya.

Selepas acara Pembukaan rakernas dilanjutkan dengan acara pelantikan pengurus baru dalam jajaran kepemimpinan Danang Hidayatullah. Pergantian Antar Waktu kepengurusan diperlukan untuk melakukan penyegaran dalam kabinet kerja Ikatan Guru Indonesia. Sepuluh orang  Semoga rekan-rekan IGIers yang menerima jabatan baru dapat mengemban tugas yang diamanahkan.



Seminar Nasional.

Rakernas IGI 2024 Mataram Lombok


Pada 10.00 wita usai break kegiatan dilanjutkan dengan Seminar Nasional Pendidikan Pemanfaatan Modul Pembelajaran Kesehatan Pada Sekolah Sehat oleh dr. Elvieda Sariwati, M.Epid Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI dan Nur Fatayani, MKM Ketua Tim Kerja Peningkatan Literasi Kesehatan di Institusi Pendidikan Dit Promkes & PM.

Berikutnya pukul 11.30 wita presentasi program Epson oleh tim Epson. Presentasi tersebut berlangsung hingga ishoma, menunjukkan komitmen dan keseriusan dalam memperkenalkan produk serta layanan yang ditawarkan disertai pembagian doorprize.


Sidang Pleno Rakernas IGI.

Rakernas IGI 2024 Mataram Lombok

Setelah itu, pada pukul 13.00 - 14.30 dilakukan pembahasan dan penetapan hasil sidang komisi, serta menentukan tempat Rakernas berikutnya beserta pengesahan hasil Rakernas. Di waktu yang sama, diklat tentang Pendidikan juga diselenggarakan di ruang yang berbeda, dengan narasumber seperti Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat H Aidy Furqan dan Duta Teknologi Mendikbudristek Dian Susanti.

Kegiatan ini menunjukkan keseriusan dan profesionalisme dalam mengembangkan sektor pendidikan serta memberikan informasi yang berharga bagi para peserta Rakernas.

Setelah berlangsungnya kegiatan sidang komisi dan penepatan hasil Rakernas IGI 2024 di Mataram NTB, acara ditutup dengan penuh khidmat. Dokumen Rakernas IGI Tahun 2024 diserahkan oleh Presidium Rakernas kepada Ketua Umum PP IGI, disertai dengan arahan dari Ketua Dewan Pembina PP IGI. Moment penting ini juga menjadi penutup dari Rakernas IGI Tahun 2024 yang berjalan sukses. Kegiatan dilanjutkan dengan menyanyikan Hymne IGI dan Lagu Bagimu Negeri, serta diakhiri dengan doa bersama.


Gala Dinner bersama Walikota dan Ketua DPRD Kota Mataran


Pada pukul 19.30 wita malam hari, dilaksanakan acara Ramah tamah antara Pengurus Pusat dan Pengurus Wilayah IGI, serta gala dinner bersama Walikota Mataram dan Ketua DPRD Kota Mataram di Pendopo kantor Walikota. Semua rangkaian acara tersebut berlangsung dengan tertib dan penuh keharmonisan, menunjukkan kesuksesan dan kekompakan dalam pelaksanaan Rakernas IGI 2024.

Menikmati Panorama Indah Wisata di Lombok bersama Peserta Rakernas.

Pada hari ketiga Ahad 12 Mei 2024 pukul 09.00 wita pagi, para peserta Rakernas IGI 2024 di Mataram NTB diajak untuk berkeliling mengenal keindahan alam Mataram. Perjalanan dimulai dengan mengunjungi Kampus Poltekpar NTB yang terletak di Lombok Tengah, tempat para peserta dapat melihat langsung fasilitas pendidikan pariwisata yang berkualitas. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan menuju Mandalika Sirkuit, sebuah tempat yang menjadi pusat kegiatan olahraga otomotif yang terkenal di Indonesia.


Tak lupa, para peserta juga diajak untuk menikmati keindahan Pantai Seger yang memukau dengan pasir putihnya dan ombak yang menenangkan. Kesempatan ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga bagi para peserta Rakernas, tetapi juga menjadi ajang untuk memperluas pengetahuan tentang potensi pariwisata yang dimiliki oleh NTB.

Salam Sharing And Growing Together.

 By: Nindy Puspita_Tim Reportase IGI Jatim

Sumber :  https://www.igintb.web.id/2024/05/ikatan-guru-indonesia-igi-gelar.html 

1 Comments

Post a Comment
Previous Post Next Post