Kolaborasi IGI dengan BPBD Jatim Gelar Diklat SPAB


 




Tangkapan Layar Zoom Meeting: Diklat SPAB IGI Wilayah Jatim (Dok. IGI Jatim)



Kolaborasi IGI dengan BPBD Jatim Gelar Diklat SPAB


SURABAYA – Ikatan Guru Indonesia (IGI) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan Pelatihan Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari penuh secara daring melalui platform zoom, selama 2 hari, Jum’at dan Sabtu (20-21/8/2024). Peserta Diklat SPAB berasal dari pengurus IGI Kabupaten/Kota se Jatim dan pengurus IGI Provinsi Jatim.


Hari Pertama (20/9/2024) acara dimulai pukul 12.00 WIB dengan peserta melalui ruang zoom meeting. Tepat pukul 13.00 WIB, pembukaan resmi dilaksanakan oleh Master of Cermony (MC) Aini Rizqoh.


Pembukaan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars IGI, dilanjutkan sambutan dari Ketua Wilayah IGI Jatim, Sukari, SPd MPd dan Ketua Umum IGI Pusat, Danang Hidayatullah. Acara pembukaan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Mardi.


Sukari, SPd MPd, dalam sambutannya menyampaikan, “Selama dua hari penuh kita mengikuti diklat dengan beragam materi yang komprehensif terkait SPAB, di antaranya; perubahan iklim, fenomena alam, fiqih kebencanaan, kebijakan pemerintah, serta implementasi SPAB dalam kurikulum dan pembelajaran,” jelasnya.


“Narasumber yang dihadirkan pun berasal dari berbagai lembaga atau instansi dengan latar belakang yang relevan, akademisi, praktisi, praktisi, dan pejabat pemerintah,” pungkas pria asal Gresik.


Pelatihan ini merupakan upaya IGI Jawa Timur dan BPBD Jawa Timur dalam meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan satuan pendidikan terhadap bencana, sekaligus membekali para pendidik dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengimplementasikan SPAB di sekolah masing-masing.


Setelah pembukaan, peserta mengikuti pretest melalui aplikasi Learning Management System (LMS) selama 30 menit. Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi utama dengan Keynote Speaker dari Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur.


Materi 1: “Perubahan Iklim” disampaikan oleh Dr Eko Yuli Handoko dari MKPI ITS. Moderator Ifan Habibi.


Materi 2: “Fenomena Megatrust” disampaikan oleh Muhajir Ansori BMKG Kabupaten Pasuruan. Moderator Pak Joo.


Materi 3: “Fiqih Kebencanaan” disampaikan oleh Febry Suprapto MPdI, pengajar di Ponpes Al-Ishlah Bondowoso, dan Wakil Ketua Wilayah Bidang II IGI Jatim. Moderator Dwi Kartika.


Materi 4: “Kebijakan SPAB 2024” disampaikan oleh Asep Koswara dari Seknas SPAB/Tenaga Ahli Kemendikbudristek RI. Moderator Makhrus Ali.


Materi 5: “Peran Organisasi Mitra (IGI) dalam Percepatan Penyelenggaraan SPAB” disampaikan oleh Sukari SPd MPd, Ketua Wilayah IGI Jatim. Moderator Joko Santoso.


Jadwal hari kedua (21/9/2024) bertugas sebagai MC adalah Redy Yunianto, dengan Keynote Speaker Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur.


Materi 6: “Kapasitas Guru Membangun Resiliensi Peserta Didik dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Kebencanaan” disampaikan Bidang GTK Dinas Pendidikan Provinsi Jatim. Moderator Ifan Habibi.


Materi 7: “Korelasi SPAB dalam Pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan Indonesia” disampaikan oleh BAN PDM Provinsi Jawa Timur. Moderator Trisa Kumalasari.


Materi 8: “Fasilitas Sekolah Aman, Nyaman, dan Inklusif” disampaikan oleh Priyo A Sancoyo ST, Founder Koncodeso.id, Fasilitator Nasional SPAB, dan Kontributor Buku Pilar 1 SPAB. Moderator Fajar Budhianto.


Materi 9: “SPAB dalam Perencanaan Pembelajaran Intrakurikuler atau Mapel” disampaikan oleh Bambang Setyo Utomo SPd, Guru Penggerak, Fasilitator Nasional SPAB, dan Pengurus IGI Pacitan. Moderator adalah Nur Fitriah.


Materi 10: “SPAB dalam Perencanaan Pembelajaran Kokurikuler atau P5”, disampaikan oleh Endang Mulyani Putro SPd MPd Pjs Wakil Ketua IGI Jatim Bidang Diklat dan Fasilitator Nasional SPAB. Moderator Ninuk Dyah.


Kemudian acara ditutup dengan penyampaian informasi serba-serbi ToF SPAB dan penutupan resmi oleh MC Redy Yunianto. Ketua IGI Jatim menutup resmi kegiatan Diklat SPAB yang berlangsung salama dua hari. (Efendy)*

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post